7 Langkah Merawat Tas Ransel

Tas ransel adalah harta berharga untuk para backpacker ataupun pendaki gunung. Agar tas awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Berikut 7 cara merawat agar tas ransel kita tetap awet

1. Hal pertama yang harus dilakukan saat akan merawat tas adalah mengosongkan carrier Anda dari barang-barang yang sebelumnya ada di dalamnya. Pastikan juga tidak ada makanan yang tertinggal. Barang-barang yang tertinggal bisa mengundang jamur yang akan merusak tas.

2. Bersihkan tas dari semua material yang mungkin tertinggal didalamnya. Bisa dengan cara membalikkannya kearah bawah. Pstikann tidak ada yang tersisa didalam tas kita.

3. Sikat/bersihkan punggung/body tas dengan kain lembut/kaos untuk mengurangi friksi dengan body tas yang bisa merusak materi tas.

4. Sediakan air secukupnya dalam ember, dan gosokkan kembali body tas dengan kain lembut yang kita basahi (direndam) di air, tanpa menggunakan sabun ataupun deterjen. Lakukan dengan lembut dan ulangi hingga terlihat bersih.

5. Setelah semua kelihatan bersih, keringkan tas dengan cara mengangin-anginkan, bisa digantung hingga kering ditempat yang tidak terkena panas matahari secara langsung.

6. Musuh utama tas adalah jamur. Jamur bisa datang bila udara di dalam tas lembab. Jamur yang dibiarkan berada di tas tentu bisa merusak bahan tas, menjadi rapuh dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya masukan kapur barus sebelum menyimpan tas. Langkah ini sangat efektif untuk mengusir jamur.

7. Debu yang beterbangan bisa menempel dimana saja termasuk carrier Anda. Setelah dicuci dan diberi kapur barus, simpan tas dengan membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan tas, dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka, yang memungkinkan debu masuk. Jangan biarkan juga tali yang ada di carrier Anda menjuntai kemana-mana, karena akan sulit dirapihkan kembali nantinya.

Sumber : http://www.lapaktas.com