Seminar Nasional dan Seminar Internasional, Ini Syarat dan Kriterianya!

Seminar nasional dan seminar internasional merupakan dua kegiatan yang memiliki dasar sama namun dengan kriteria yang berbeda. Dikatakan berbeda karena skala penyelenggaraan nya memiliki batas yang berbeda. Untuk seminar nasional diselenggarakan dalam lingkup nasional. Kemudian diselenggarakan oleh pihak nasional yang resmi.

seminar internasional

Sedangkan seminar internasional memiliki skala yang lebih luas dibandingkan dengan seminar nasional. Untuk seminar internasional sendiri mencakup peserta di berbagai negara yang ditunjuk untuk menghadiri seminar. Sehingga lingkup audiensnya lebih besar dibandingkan seminar nasional.

Contoh Proposal Seminar Nasional dan Seminar Internasional

Apa yang terbesit di pikiran ketika mendengar kata seminar? Sebuah kegiatan yang dihadiri banyak peserta kemudian membicarakan sebuah tema. Dimana tema tersebut sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Di dalam sebuah seminar terdapat diskusi yang melibatkan pihak di dalam seminar.
Seminar nasional dan seminar internasional juga memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dengan istilah seminar. Hanya saja lingkupnya sudah mencapai nasional dan internasional. Sebelumnya, untuk menyelenggarakan seminar nasional dan internasional diperlukan sebuah proposal.

tas seminar

Proposal tersebut berkaitan dengan izin untuk menyelenggarakan sebuah seminar. Tidak hanya itu saja, proposal seminar juga berisi tentang informasi seminar yang akan diselenggarakan. Sehingga proposal sangat penting untuk digunakan dalam seminar. Berikut ini contoh proposal nya:

Pendahuluan

Setiap proposal pastinya mengandung struktur yang sistematis. Dimana unsur pendahuluan harus ada dalam sebuah proposal. Termasuk proposal untuk seminar nasional dan juga internasional. Di dalam pendahuluan terdapat beberapa aspek yang harus dilengkapi.

Mulai dari tujuan, dasar hukum, rasional, hasil yang diharapkan, manfaat, dan juga sasaran. Beberapa aspek tersebut harus ada dalam sebuah proposal. Tujuan dari seminar harus diisi dengan jelas. Sehingga penyelenggaraan bisa lebih lancar.

Kemudian dasar hukum dari sebuah seminar. Kegiatan yang dihadiri banyak peserta dalam lingkup nasional harus memiliki dasar hukum. Sehingga seminar yang dilaksanakan benar-benar resmi dan sah. Dasar hukum juga menjadi dasar dilaksanakannya sebuah seminar. Apalagi untuk skala nasional dan internasional.

Bagian pendahuluan juga mencakup manfaat. Sebuah seminar tidak hanya sebagai forum diskusi untuk mendapatkan keputusan. Tetapi juga harus memberikan manfaat kepada seluruh pihak. Termasuk audiens yang menjadi peserta seminar. Kemudian sasaran dan hasil yang diharapkan.

Seminar dengan skala nasional dan internasional diselenggarakan untuk mendapatkan audiens dengan yang tepat sasaran. Sasaran dan target yang dituju harus sesuai dengan seminar yang dilaksanakan. Kemudian hasil yang diharapkan dari seminar tersebut harus dicantumkan dalam proposal.

Dengan begitu, rencana penyelenggaraan seminar memiliki tujuan dan hasil yang diharapkan dengan jelas. Sehingga seminar akan dilakukan sesuai dengan yang tertera dalam proposal.

Peserta, Tema Seminar, dan Karya Ilmiah

Seminar nasional dan seminar internasional tentunya memiliki peserta, tema yang akan dilaksanakan, dan juga karya ilmiah yang akan disampaikan. Beberapa unsur tersebut juga harus dicantumkan dalam proposal.
Untuk unsur peserta, ada beberapa ketentuan bagi peserta yang harus dilengkapi. Perlu diketahui bahwa seminar dengan skala nasional dan internasional memang diikuti oleh banyak peserta. Namun tidak sembarang peserta bisa mengikuti sebuah seminar.

Pastinya ada ketentuan yang harus dilengkapi atau diikuti oleh para peserta. Sehingga peserta harus menaati setiap ketentuan yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, peserta yang mengikuti acara  benar-benar tepat sasaran.

Selanjutnya adalah unsur tema seminar. Seminar yang dilaksanakan sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Setiap pastinya memiliki tema begitu pun dengan sub tema dan juga deskripsi. Tema juga menjadi acuan untuk menyelenggarakan sebuah seminar.

Apabila tidak ada tema, maka seminar tidak bisa berjalan dengan lancar. Unsur selanjutnya adalah karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu topik diskusi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pemakalah atau pemateri yang menyampaikan karya tulis ilmiahnya.

Karya tulis ilmiah tersebut harus benar-benar layak untuk didiskusikan. Kemudian memiliki topik permasalahan yang jelas. Sehingga ada penyelesaian yang tepat dan hasil yang jelas pula.

Pelaksanaan

Dalam contoh proposal seminar juga mencantumkan bab pelaksanaan. Dimana di dalamnya terdapat beberapa unsur penting. Diantaranya adalah waktu dan tempat pelaksanaan, jadwal seleksi mekanisme, dan aspek penyelenggaraan seminar.

Penutup

Contoh proposal seminar nasional dan internasional juga harus dilengkapi dengan penutup. Di dalam penutup terdapat hal penting lainnya seperti lampiran. Lampiran ini tidak hanya sekedar gambar tetapi juga info mengenai jalannya acara, pihak yang terlibat, dan yang lainnya seperti biodata.

tas seminar

Syarat Seminar Nasional Dikti dan Internasional

Dalam menyelenggarakan seminar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah melengkapi persyaratan untuk menyelenggarakan seminar dengan taraf nasional dan internasional. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, diantaranya adalah:

1. Peserta
Peserta merupakan salah satu syarat yang perlu dilengkapi. Tanpa ada peserta, acara tidak bisa berjalan. Hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui target dari acara tersebut.

Kemudian anda perlu mengetahui level dari peserta seminar. Misalnya karyawan, staff, atau yang lainnya. Dengan begitu, anda bisa menyelenggarakan seminar sesuai dengan kepesertaan.
Anda bisa memilih pembawa acara yang skill atau kemampuan bicara yang lugas dan sesuai dengan aturan. Sehingga pembawa acara tidak kaku ketika memandu acara.

2. Tema Seminar
Syarat selanjutnya adalah adanya tema yang sesuai dengan data proposal. Proposal bisa menjadi acuan dalam menyelenggarakan seminar. Dalam menentukan tema diperlukan analisis sehingga hasilnya juga akan menarik perhatian banyak peserta.

3. Budget
Seminar nasional dan seminar internasional juga memerlukan budget. Syarat untuk acara seminar tidak terlepas dari adanya budget. Jika tidak memiliki budget, maka seminar tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Alokasi budget sangat diperlukan dalam sebuah seminar. Sebab, beberapa hal memang memerlukan biaya seperti akomodasi, konsumsi, hingga budget untuk pembawa acara. Budget harus dialokasikan dengan baik dan benar. Sehingga seminar dapat berjalan dengan tepat sasaran.

Kriteria Seminar Nasional dan Seminar Internasional Dikti

seminar nasional

Seminar nasional dan internasional dikti diselenggarakan dalam lingkup luas. Sehingga ada beberapa kriteria yang perlu diketahui. Berikut ini beberapa kriteria acuan dari Dikti.

  • Topik pembicaraan telah dirumuskan terlebih dahulu oleh pemakalah atau pemateri.
  • Peserta seminar atau anggota di dalam seminar dapat berpikir logis tentang tema yang didiskusikan.
  • Pemakalah atau pemateri harus menguasai materi. Pada intinya pemateri harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai topik yang diangkat. Dengan begitu, pemateri bisa menjawab pertanyaan dengan tepat objektif.
  • Permasalahan yang terjadi dapat dipecahkan atau diselesaikan dengan sistematis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai seminar nasional dan seminar internasional. Contoh proposal hingga kriteria seminar nasional dan internasional bisa menambah pengetahuan seputar penyelenggaraan seminar dengan skala nasional hingga internasional.

Acara dan Souvenir Yang Di Butuhkan

Jika anda adalah seorang penyelenggara acara seminar,pelatihan,diklat pasti membutuhkan souvenir. Souvenir dalam sebuah acara umumnya yang di bagikan pada peserta adalah seminar kit berupa block note, pulpen, id card, flash disk dan berbagai macam lainnya.

Namun ada juga souvenir yang sangat membuat peserta seminar senang jika di beri. Tas seminar kit adalah souvenir yang kita maksud. seminar kit yang berupa tas seminar dalam sebuah acara juga berarti menandakan kelas dari seminar tersebut. berikut adalah beberapa contoh tas seminar yang kami maksud.

Tas Ransel

tas ransel

Ransel ini berbahan D1680 yang sudah terkenal baik dan kuat jika pakai untuk membuat tas. Bila anda belum faham  baca Jenis bahan tas. Tas ransel ini sangat cocok untuk acara anda yang diikuti oleh peserta yang berlatar belakang pekerjaannya pegawai pemerintahan.

konveksi tas

Model ransel model ini sangat direkomendasikan untuk anda yang memiliki peserta yang mayoritas anak muda, karena jika dipakai style nya yang kasual.

Tas Selempang

tas selempang

Model tas selempang dengan bahan kanvas sangat cocok jika di gunakan seouvenir. Sebab tas selempang dengan bahan kanvas membuat style menjadi kasual eksekutive.

Tas Jinjing

tas jinjing

Tas seminar jinjing sangat baik jika acara seminar yang selenggara kan bertema budaya dan pendidikan. Katalog lengkap tas seminar Aprilinatas klik Tas Seminar

Alamat Produsen Paket Seminar Kit atau Konveksi Tas Seminar Apriliantas

Apriliantas adalah Produsen paket seminar kit atau Konveksi tas seminar yan berada di jogja.  Bila anda ingin berkunjung ke kantor, Kami di Jalan Bener No 80 Rt/Rw 07/02 Bener, Tegalrejo, Yogykarta atau anda bisa klik link berikut Tas Seminar . Kami juga dapat melayani anda walaupun anda tidak datang ke kator kami. Anda dapat mengubungi CS kami untuk mengkomunukasikan tas seminar atau seminar kit yang ingin anda buat. 

tas seminar

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked